Mengungkap segala sesuatu yang ada di Bali, sekala dan niskala, serta kilas balik peristiwa

Caru Mematikan / Menutup Semer (Sumur)

Mematikan Semer (Sumur)

Matur Uning sebelum sumur ditutup
Masyarakat Hindu Bali meyakini, sumur merupakan linggih Ida Bhatara Wisnu. Ketika sumur sudah dibuat, pantang untuk ditutup (diurug). Berbagai kejadian tidak enak menimpa masyarakat yang nekat menutup sumur karena berbagai alasan, seperti tidak difungsikannya lagi sumur tersebut mengingat sudah ada PAM, alasan lainnya karena sumur tersebut mengganggu pembuatan bangunan pada lokasi sumur tersebut. Ada juga yang tidak berani menutup sumur tapi tetap memaksakan membangun di areal yang menyebabkan sumur berada di dalam ruangan rumah. Semua alasan tersebut akhirnya menyebabkan pemilik rumah mengalami kesakitan, kesusahan, ditimpa permasalahan yang tiada putus. Setelah ditanyakan pada orang pintar (paranormal-red) barulah diketahui penyebabnya adalah sumur yang nrubeda, Linggih Bhatara Wisnu diperlakukan dengan tidak sewajarnya. 
Ternyata, kesakitan itu tidak akan menimpa asalkan penutupan sumur (ngematiang semer) dilakukan sesuai prosedur yang benar. Sumur dibuat melalui upacara dan upakara, jika hendak ditutup tentu harus melalui upacara dan upakara pula. Banten ngematiang sumur dipuput oleh seorang walaka/pemangku yang benar-benar memahami hal tersebut, serta menggunakan mantra khusus.
Memasukkan batu masurat pamor
Bantennya sebagai berikut :

  1. Nanceb sanggah surya, munggah Pras daksina. Runtutannya bisa diletakkan di depan walaka/pemangku muput. Tumpeng selem 2 bungkul meulam ayam selem (1) mepanggang. Sode selem meulam kakul metunu, canang genep sami masekar sarwa selem. Malih maruntutan penyeneng, elis, pengulapan, pengruak, pangresikan, prayascita, biokaonan, penastan, cecepan, tetabuh arak berem, nasi kojong 2, kwangen, segehan nasi cacah selem 4 tanding meulam bawang jahe.
       2. Sarana ngurug semer : batu selem tiga bungkul metulis pamor. (tulisan tertentu)
      3. Diletakkan pada semer yang akan ditutup. Ritatkala ngurug patut tuntun dumun Ida Bhatara Wisnu manut banten penuntun kadi inucap ring sor puniki : serana payuk pere anyar medaging sasat anggen neku 11 teku. Raris maduluran banten pateh sekadi ring arep, kewanten nenten medaging nasi kojong dan kewangen. 

S    Semoga memperoleh kerahayuan.

3 Responses to "Caru Mematikan / Menutup Semer (Sumur)"

  1. blog sane becik maur suksma....mohon artikel tentang tanaman penolak bala yg dtnaman di depan pintu masuk...

    ReplyDelete
  2. Terimakasih telah berkunjung... artikel tanaman penolak bala yang ditanam di depan pintu masuk sudah ada sebagain. Akan segera kami lengkapi jenis tanaman penolak bala lainnya.

    ReplyDelete
  3. saya ari, mau bertanya. apakah kita harus membongkar pinggiran sumur yang terbuat dari bis beton atau batu bata sebelum kita menutup semer atau sumur?

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel