Mengungkap segala sesuatu yang ada di Bali, sekala dan niskala, serta kilas balik peristiwa

Pura Tamansari Agung Disungsung Pasek Kayu Selem, Yeh Klebutan Sembuhkan Penyakit

Pura Tamansari Agug di Butyeh, Kerobokan, Kuta Utara, Badung
Pura Tamansari Agug di Butyeh, Kerobokan, Kuta Utara, Badung, sungsungan warga Pasek Kayu Selem.


BALI-UNIK.COM - Pura Tamansari Agung adalah pura sungsungan warga Pasek Kayu Selem.Ida Sasuhunan diyakini sangat welas asih, memberikan berlimpah-limpah berkah bagi umat dari mana saja. 

Pura ini berlokasi di Jalan Raya Kerobokan menuju Canggu, tepatnya di Butyeh, Banjar Anyar Kaja, Desa Adat Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara, Badung, Bali erat kaitannya dengan Pura Peti Tenget. 

Hal ini dijelaskan dalam Bhisama Ida Bhatara Kawitan Leluhur Penyungsung/Pengempon dan penyiwi Pura Tamansari Agung  pada lontar yang ada di Pura Tamansari Agung.

Keunikan di pura ini, terdapat yeh klebutan yang manfaatnya sangat ampuh untuk sembuhkan berbagai penyakit dan tirta panglukatan. 

Disebutkan sejarah Pura Tamansari Agung, merupakan parahyangan linggih Ida Bhatara sebagai tempat semua umat Hindu menghaturkan sembah bhakti ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi sane mapragayang Sang Hyang Siwa mapelemahan ring marcapada dados Sang Hyang Daniswara. 

Beliau dalam menjalankan sesana kawikuan atau Brahmana Siwa nyukla Brahmacari.

Sang Hyang Daniswara merupakan dewane balian yang menjalankan tetambaan dan memberikan panglukatan segala leteh di jagat ini.

Ida Bhatara Dalem Samudralah yang disungsung di Pura Tamansari Agung ini. 

Kisah Ida Bhatara berasal dari Laut Kidul maperagayang wiku (Brahmana Siwa) yang nyukla Brahmacari. 

Ida Bhatara membawa tirta Sudamala dan ditempatkan di bulakan yang ada di gedong pangresikan pada utama mandala. Inilah yang digunakan untuk matetamban untuk setiap umat yang mengalami kesusahan.

Ida Bhatara Dalem Luhur Tamansari Agung masemeton sareng Ida Bhatara Dalem Luhur Peti Tenget yang menguasai lautan, Ida Bhatara Dalem Luhur Mas Ceti Ulun Tunjung yang menguasai sawah dan tegalan (subak), Ida Bhatara Dalem Luhur Panepi Siring yang menguasai alas panepisiring sebagai tameng jagat Badung dari sisi barat.

Pura Tamansari Agung dibangun oleh leluhur pretisentana Ida Bhatara Kawitan Warga Pasek Kayu Selem yang saat itu terdiri dari empat keluarga dari Gua Song, Songan, wilayah Gunung Batur. 

Mereka diperintahkan Ida Bhatara Kawitan mencari tirta klebutan (sumber mata iar) Sudamala yang keluar dari ibu pertiwi (ksititala) yang ada di pasisi kelod Bali.

Tempat yang terlihat hitam puun ketika Ida Bhatara Kawitannya melakukan yoga semadhi.

Dipastikanlah tempat itu tidak lain Pura Tamansari Agung seperti saat ini terletak di Butyeh, Desa Adat Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung. 

Keberadaan pura diperkirakan pada tahun saka 933 (1011 Masehi) sebelum Majapahit menguasai jagat Bali yaitu pada tahun Saka 1265 (1343 Masehi) sudah ditemukan pada Purana Pura Petitenget ketika Ida Dang Hyang Nirarta dari Jawa melaksanakan dharmayatra semadhi pada bulakan Sudamala Tamansari. 

Barulah kemudian melanjutkan perjalanan ke jagat Gelgel-Klungkung.

Sebagai pangempon pura, warga Pasek Kayu Selem di Butyeh.

Sedangkan panyiwi pura merupakan presanak dan ke putu dari Ida Bhatara Tamansari Agung terdiri dari delapan pura, antara lain : Pura Pancoran Butyeh, Pura Hyang Warga Pasek Kayu Selem Batan Tanjung Gangsian, Pura Hyang Warga Pasek Gelgel Aan Butyeh, Pura Panti/Dadya Warga Pasek Kayu Selem Butyeh, Pura Hyang Warga Pasek Dukuh Sakti Banjar. Silayukti, Pura Hyang Warga Pasek Kayu Selem Banjar. Kancil, Pura Hyang Warga Bhujangga Waisnawa Butyeh, Pura Hyang Ratu Gede Warga Arya Batu Lempang Batan Jepun Gangsian Banjar. Anyar Kaja. 

Lan Penyade Pura Tamansari Agung yaitu presanak Ida Bhatara Dalem Peti Tenget yang diberikan wewenang untuk menjaga dan membantu Ida Bhatara Dalem Luhur Tamansari Agung, antara lain : Ida Bhatara Ratu Made Cakra Negara di Pura Hyang Bhujangga Waisnawa Batan Sabo, Ida Bhatara Ratu Made Kentel Bhumi di Pemrajan Agung Ampinan Banjar. Anyar, Ida Bhatara Ratu Made Kerthanegara di Pura Pan Jengki, Ida Bhatara Ratu Bagus Sinulus di Pura Batan Papasan, dan Presanak putu Ida Bhatara Dalem yang ada di 21 pura sajebag Desa Adat Kerobokan dan Denpasar.




Tentang Pura Tamansari Agung:
  1. Nama Pura : Pura Tamansari Agung
  2. Alamat  : Butyeh, Desa Adat Kerobokan, Kuta Utara
  3. Pujawali   : Tumpek Klurut
  4. Pangempon  : Keluarga Pasek Kayu Selem
  5. Pemangku Pura : Pan Sura (alm)
  6. Pemade     : Ketut Sura (Tahun 2009)

0 Response to "Pura Tamansari Agung Disungsung Pasek Kayu Selem, Yeh Klebutan Sembuhkan Penyakit "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel